Rabu, 17 Oktober 2007

Robert Kocharian
Robert Sedraki Kocharian (IPA: [ɾobɛɹtʼ sɛdɹɑk'i kʰotʃʰɑɹjɑn], Armenia: Ռոբերտ Սեդրակի Քոչարյան) (lahir 31 Agustus 1954) di Stepanakert, Nagorno-Karabakh) adalah presiden kedua dari republik ketiga Armenia.
Ia menjabat sejak tahun 1998. Ia menikah dengan Bella Kocharian dan dikaruniai tiga anak. Sejak Februari 1988, Kocharian adalah salah satu pemimpin gerakan Karabakh, sebagai anggota organisasi Krunk. Setelah organisasi itu bubar, ia mendirikan organisasi Miatsum (Persatuan).
Ia adalah salah seorang yang pertama bertanggung jawab dalam pembentukan struktur pertahanan dan keamanan Nagorno Karabakh. Pada Agustus 1992, ketika tentara Azeri menduduki setengah dari wilayah Republik Nagorno Karabakh, Robert Kocharian menjadi Ketua Komite Pertahanan Negara dan Perdana Menteri Republik Nagorno Karabakh. Keinginan yang kuat untuk memobilisasi semua kekuatan dan membebaskan Artsakh memungkinkan rakyat Nagorno Karabakh mengubah jalannya aksi militer dalma waktu yang singkat.
Pada 24 Desember 1994, Robert Kocharian terpilih sebagai presiden Republik Nagorno Karabakh oleh keputusan Dewan Soviet Tertinggi Republik Nagorno Karabakh. Pada November 1998, ia kembali terpilih sebagai presiden lewat suara rakyat.
Pada 20 Maret 1997, Robert Kocharian ditunjuk untuk menduduki jabatan Perdana Menteri Republik Armenia. Pada 30 Maret 1998, ia terpilih sebagai presiden Republik Armenia dalam pemilu presiden yang dini. Ia menggantikan Levon Ter-Petrossian sebagai presiden Armenia. Pada 5 Maret 2004, ia terpilih kembali sebagai presiden republik tersebut.
Pemilihannya kembali pada 2003 dicemari oleh tuduhan-tuduhan kecurangan yang dilakukan oleh kedua kandidat, meskipun sejumlah ahli berpendapat bahwa penyimpangan-penyimpangan itu tidak cukup untuk mengubah hasil akhirnya. Terjadi sejumlah seruan sporadis agar Kocharian mengundurkan diri pada awal 2004 lewat para pengunjuk rasa yang dipimpin kelompok oposisi yang turun ke jalan-jalan mendukung tuntutan agar diadakan referendum kepercayaan atas dirinya.