Rabu, 16 April 2008

Kerajaan Kosala
Kerajaan Kosala merupakan kerajaan di India yang muncul dalam kisah Ramayana. Kerajaan ini diperintah oleh Raja Dasarata kemudian digantikan oleh putranya, Rama. Ibukotanya bernama Ayodhya. Putra Rama — Kusa dan Lawa — hanya mewarisi sebagian kerajaan ini. Lawa memerintah kota yang bernama Srawasti sedangkan Kusa memerintah kota yang bernama Kusawati. Koloni para Raja Kosala terletak di Madhya Pradesh, disebut pula Dakshina Kosala. Kerajaan Kosala memiliki hubungan yang dekat dengan kerajaan para penghuni hutan (wanara), yakni Kerajaan Kiskindha, terutama pada masa Sri Rama.
Adik Rama, Barata, memerintah Kerajaan Gandhara dan mendirikan kota bernama Takshasila. Kerajaan Gandhara dekat dengan Kerajaan Kekeya, kampung halaman ibu Barata, Kekayi. Lakshmana memerintah di Kerajaan Wanga dan mendirikan kota bernama Chandrakanta di sana. Satrughna membabat hutan Madhu dan mendirikan kerajaan bernama Surasena, dan mendirikan kota bernama Mathura.
Brihadbala, Raja Kosala pada masa Dwapara Yuga, ikut ambil bagian dalam perang di Kurukshetra dan memihak para Korawa, namun ia terbunuh oleh putra Arjuna, Abimanyu.