Sabtu, 05 April 2008


Bandar Udara Internasional Dubai World Central (IATA: JXBICAO: ?) merupakan sebuah bandar udara kolosal baru yang sedang dalam konstruksi di dekat Jebel Ali, selatan Dubai, di Uni Emirat Arab. Nama sebelumnya adalah "Bandar Udara Internasional Jebel Ali" dan "Bandar Udara Kota Jebel Ali". Bangunan ini akan menjadi bagian dari Dubai World Central, sebuah komplek perumahan, perkantoran dan logistik. World Central merupakan platform logistik terpercaya pertama di dunia, dengan semua jenis transportasi, logistik, termasuk pembuatan dan penyelesaian akhir, pada lingkungan bebas pajak.

Bandar Udara Internasional Dubai World CentralBandar Udara Internasional Dubai World Central Perkenalan
Pada jantung komunitas baru, didirikan Bandar Udara Internasional Dubai World Central, hub kargo dan komersial terbesar di dunia, sepuluh kali lebih besar dari Bandar Udara Internasional Dubai dan Dubai Cargo Village apabila digabung.
Bandar udara ini akan menangani 12 juta ton kargo pada awal operasinya, tiga kali lebih banyak dari Memphis, hari ini masih menjadi hub kargo terbesar, dan kapasitas penumpangnya lebih dari 120 juta orang - 50% lebih banyak dari Atlanta, sekarang masih menjadi bandar udara tersibuk di dunia.
Dibangun untuk masa depan, Dubai World Central dirancang untuk menangani semua jenis pesawat, termasuk super-jumbo A380. Empat pesawat dapat mendarat sekaligus pada waktu yang sama, 24 jam sehari, mengurangi antrian pesawat untuk mendarat.
Bandar udara terbesar di daerah tersebut, Dubai World Central akan mencakup:

6 landasan paralel dengan panjang 4.5 km, setiap landasan dipisahkan sepanjang 800 meter.
Tiga terminal penumpang termasuk dua fasilitas mewah, yang pertama dikhususkan untuk maskapai dari Emirates Group, yang kedua untuk maskapai lainnya, dan yang ketiga untuk untuk maskapai bertarif rendah.
Concourse ganda
Pusat jet Executive and Royal
Hotel dan pusat perbelanjaan (termasuk toko-toko termahal)
Fasilitas pendukung dan perawatan: satu-satunya hub di daerah itu untuk Cek A, B, dan C pada semua jenis pesawat hingga spesifikasi A380
Lapangan parkir untuk 100,000 kendaraan (ada yang di bawah tanah) untuk staf bandara dan penumpang
Bandar Udara Internasional Dubai World Central dan Bandar Udara Internasional Dubai akan dihubungkan oleh sebuah jaringan kereta api ekspres
Dubai World Central juga akan dilayani oleh Dubai Metro dan sebuah jaringan kereta api di Dubai World Central.