Rabu, 19 Desember 2007


* Jumlah penampilan klub profesional dan gol dihitung hanya untuk liga domestik danBudi Sudarsono benar pada {{{pcupdate}}}. ** Jumlah penampilan dalam tim nasional dan gol benarBudi Sudarsono pada {{{ntupdate}}}.
Budi Sudarsono (Kediri, Jawa Timur, 19 September 1979) adalah seorang pemain sepakbola andalan tim nasional (timnas) Indonesia saat ini. Gocekan mautnya seakan dijadikan momok oleh lawan-lawannya saat bertanding di lapangan. Sempat dipanggil timnas untuk bermain di kejuaraan Piala Asia pada tahun 2004, ia berhasil menorehkan gol kemenangan saat bertanding melawan Qatar.

Julukan
Ada berbagai julukan yang diberikan kepada Budi Sudarsono, seperti "budi gol" maupun si "ular phyton". Hal ini tidak terlepas dari gaya permainan yang ia peragakan, yang dapat mengundang decak kagum bagi siapa saja yang melihat aksinya. Ia dapat dikatakan sebagai seorang striker yang oportunis dan mampu memanfaatkan berbagai peluang, bahkan pada ruang sempit sekalipun. Sayangnya emosi kadang membuatnya hilang kendali. Peluang yang matang sekalipun kadang tidak dapat diselesaikan menjadi gol.